Contoh Silabus


Nama Sekolah : SMAN 4 Kerinci













Mata Pelajaran : Bahasa Inggris













Kelas : XI













Semester : I ( Satu )
































Standar  Kopetensi Dasar Materi Kegiatan  Indikator Penilaian Alokasi  Sumber Bahan / Ket
Kompetesi Pembelajaran Pembelajaran Waktu Alat
Mendengarkan







1 Memahami  1.1. Merespon dalam percaka
Menyatakan 
Mendengarkan  * mengidentifikasikan makna
Individu
2 x 45
Linked to the
makna percaka-
pan transaksional (to get
pendapat:
percakapan 
tindak tutur menyatakan 


world
pan transaksio-
think done) dan interpersonal
-I think…
interpersonal/
pendapat
Pasangan


nal dan Interper
(bersosialisai) resmi dan ber-
-In my opion…
transaksional * Merespon tindak tutur


LKS
sonal resmi dan
lanjut (sustained) secara aku-

melalui tape 
menyatakan pendapat
Kelompok


berlanjut 
rat, lancardan berterima yang 
Meminta 
secara clasikal * Mengidentifikasi makna



( Sustained)
menggunakan ragam bahasa 
pendapat:

tindak tutur meminta 



dalam konteks
lisan dalam konteks kehidupan 
-What do you 
Mendiskusikan 
pendapat



kehidupan 
sehari-hari dan melibatkan 
think of…?
berbagai tindak * Merespon tindak tutur 



sehari-hari
tindak tutur:
-What is your
tutur yang 
meminta pendapat




meminta pendapat
opinion about…?
terdapat dalam  * Mengidentifikasi makna 

2 X 45


menyatakan puas

percakapan yang
tindak tutur manyatakan 




menyatakan tidak puas
Menyatakan 
didengar secara
puas





puas:
berpasangan * Merespon tindak tutur 





-I am satisfied

menyatakan puas





with…?
Mendiskusikan  * Mengidentifikasi tindak





-I am so happy
respon yang 
tutur menyatakan tidak





about this…
diberikan 
puas






terhadap tindak  * Merespon tindak tutur

2 X 45



Menyatakan 
tindak tutur yang
menyatakan tidak puas





tidak puas:
didengar secara






-I am not satisfied
berkelompok






with…?







-I am not satisfied







that…?

























































































































































































1. Memahami  1.2. Merespon dalam percaka
Menasehati
Mendengarkan  * Mengidentifikasi makna
Individu
2 x 45

makna dalam
pan transaksional (to get
-I think you…
percakapan
tindak tutur menasehati



percakapan 
think done) dan interpersonal

interpersonal/ * Merespon tindak tutur 
Pasabgan


transaksional dan
(bersosialisai) resmi dan ber-
Memperingatkan
transaksional
menasehati



interpersonal
lanjut (sustained) secara aku-
-I am warnign 
melalui tape 

Kelompok


resmi dan
rat, lancardan berterima yang 
you…
secara clasikal * Mengidentifikasi makna

2 x 45

berlanjut dalam
menggunakan ragam bahasa 


tindak tutur



konteks
lisan dalam konteks  
Meluluskan 
Mendiskusikan 
memperingatkan



kehidupan 

permintaan
berbagai tindak




sehari-hari

-I think I can
tutur yang  * Merespon tindak tutur 






terdapat dalam 
memperingatkan






percakapan




























Mendengarkan







2. Memahami  2.1 Merespon makna yang 
Teks lisan Dalam
Menerangkan  * Mengidentifikasi beberapa
Kelompok
2 x 45
-Banner
makna dalam 
terdapat dalam teks lisan
bentuk analitycal
teks
pengumuman seperti 


-Poster
teks fungsional
fungsional pendek dan resmi
exposition, 

banner,poster, pamplet dll


-Pamplet
pendek dan
secara akurat lancer dan
banner, poster
Merensosialisasi




monolog 
berterima dalam berbagai
dan pamplet
kan bentuk * mendiskusikan makna dari



berbentuk
konteks kehidupan sehari-hari

pengumuman 
bentuk pengumuman 



report, narrative


yang berbentuk
banner,poster dan pamplet



dan analytical


-Banner




exposition dalam


-Poster




konteks 


-Pamplet




kehidupan 







sehari-hari









































































































































































Mendengarkan
2. Memahami  2.1 Merespon makna dalam teks
Teks berbentuk
-Mendengarkan * Mengidentifikasikan teks 
Individu
2 x 45
Linked to the
makna dalam 
monolog yang menggunakan
report
teks berbentuk
berbentuk report


world English
teks fungsional
ragam bahasa lisan secara 

report yang di

Pasangan

for senior high
pendek dan
akurat, lancer dan berterima

perdengarkan * Merespon teks berbentuk


 school
monolog 
dalam konteks kehidupan 


report
Kelompok


berbentuk
sehari-hari dalam teks 

-Mendiskusikan 




report, narrative
berbentuk report, narrative

bentuk teks 




dan analytical
dan analitycal

report




exposition dalam







konteks 







kehidupan 







sehari-hari







Berbicara







3. mengungkapkan 3.1. Mengungkapkan makna 
Menyatakan 
Mendiskusikan * Mengucapkan tindak tutur



makna dalam 
dalam percakapan transaksio
pendapat:
berbagai tindak
meminta pendapat



teks percakapan
nal dan interpersonal resmi
-I think…
tutur yang 




transaksional dan
dan berlanjut dengan 
-In my opion…
terdapat dalam * Merepon tindak tutur 



interpersonal
menggunakan ragam bahasa 

percakapan yang
meminta pendapat



resmi dan 
lisan secara akurat, lancar 
Meminta 
di ulangi secara




berlanjut dalam
dan berterima dalam konteks 
pendapat:
berpasangan * Mengucapkan tindak tutur



konteks 
kehidupan sehari-hari dan
-What do you 

menyatakan puas



kehidupan 
melibatkan tindak tutur:
think of…?
Mendiskusikan 




sehari-hari
-Menyampaikan pendapat
-What is your
respon yang di * Merepon tindak tutur 




-Meminta pendapat
opinion about…?
berikan terhadap
menyatakan puas




-Menyatakan puas

tindak tutur yang





-Menyatakan tidak puas
Menyatakan 
diulangi secara * Mengucapkan tindak tutur





puas:
berkelompok
menyatakan tidak puas





-I am satisfied







with…?
* Merespon tindak tutur





-I am so happy

menyatakn tidak puas





about this…



























































































































































































Menyatakan 







tidak puas:







-I am not satisfied







with…?







-I am not satisfied







that…?





3. Mengungkapkan  3.2. Mengungkapkan makna
Menasehati
-Mengulangi 
- Mengucapkan tindak tutur
Individu


makna dalam 
dalam percakapan 
-I think you…
percakapan 
menasehati



teks percakapan
transaksional dan 

transaksional
-Merespon tindak tutur
Pasangan 


transaksional dan
interpersonal resmi dan 
Memperingatkan
dan interpersonal
menasehati



interpersonal 
berlanjut dengan 
-I'm warning you
yang didengar

Kelompok


resmi dan berlan-
menggunakan ragam bahasa


-Mengucapkan tindak tutur



jut dalam konteks
lisan secara akurat, lancar dan 

-Mendiskusikan 
memperingatkan



kehidupan 
berterima dalam konteks 
Meluluskan 
berbagai tindak
-Merespon tindak tutur



sehari-hari
kehidupan sehari-hari dan 
permintaan
tutur yang ter-
memperingatkan




melibatkan tindak tutur:
-I think I can 
dapat dalam 





-Menasehati
approve that…
percakapan yang
-Mengucapkan tindak tutur




-Memperingatkan

diulangi secara
meluluskan permintaan




-Meluluskan permintaan
Menyatakan 
berpasangan





-Menyatakan perasaan relief,
perasaan relief,

-Merespon tindak tutur 




pain dan pleasure
pain dan pleasure
-Mendiskusikan
meluluskan permintaan





-I glad to its
respon yang 






done…
diberikan ter-
-Mengucapkan tindak tutur





-ouch
hadap tindak 
Menyatakan perasaan relief,





-It hurts
tutur yang di-
pain dan pleasure





-Isn't this great?
ulangi secara







berkelompok
-Merespon tindak tutur







Menyatakan perasaan relief,







pain dan pleasure



















































































































































Berbicara
4. Mengungkapkan 4.1. Mengungkapkan makna 
Teks lisan 
Mengidentifikasi-
-Mengidentifikasikan 
Kelompok


makna dalam 
dalam teks lisan fungsional
fungsional 
kan bentuk 
bentuk banner,poster dan



teks Fungsional
pendek resmi dan tidak resmi
pendek:
Banner, Poster
pamphlet
Individu


pendek dan 
secara akurat,lancer dan 
-Banner
dan Pamhplet




monolog yang
berterima dalam konteks
-Poster

-Mengidentifikasi informasi



berbentuk report,
kehidupan sehari-hari
-Pamphlet
-Mendiskusikan 
(makna) dan bentuk banner,



narrative dan


makna dan 
poster dan pamphlet



analitycal


bentuk banne,




exposition dalam 


poster dan 
-Menyampaikan tujuan dari



konteks 


pamphlet
banner, poster dan 



kehidupan



pamphlet



sehari-hari


-Membuat 







bentuk banner,
-Menyampaikan informasi 






poster dan 
bentuk banner, poster dan






pamplet dan
pamphlet yang di buat oleh






menyampaikan 
siswa






didepan kelas




4. Mengungkapkan 4.2. Mengungkapkan makna 
Teks berbentuk:
-Memberikan  
-Memberikan teks lisan 



,makna dalam 
dalam teks monlog dan 
-Report
teks lisan monolog
dalam bentuk report



teks fungsional
menggunakan ragam bahasa 
-Narrative
berbentuk report,
-Mengidentifikasi jenis teks
Pasangan


pendek dan 
lisan secara akura,lancar dan
-Analitycal 
narrative dan 
-Menceritakan kembali teks



monolog yang
berterima dalam konteks
exposition
analytical 
yang didengar
individu


berbentuk report,
kehidupan sehari-hari dalam

exposition




narrative dan 
teks berbentuk:


-Memberikan teks lisan 



analytical 
-Report

-Mengidentifikasi
dalam bentuk narrative



exposition
-Narrative

jenis teks yang
-Mengidentifikasi jenis teks



dalam konteks
-Analitycal exposition

dibacakan
-Menceritakan kembali teks



kehidupan 



yang didengar



sehari-hari


-Menceritakan 







kembali (teks)
-Memberikan teks lisan 






yang didengarkan
dalam bentuk analitycal






dalam bentuk
exposition



report,narrative -Mengidendifikasikan janis
















































































































































dan analitycal  teks



exposition
-Menceritakan kembali teks







yang didengar



Membaca







5. Memahami 5.1. Merespon makna dalam 
Teks bacaan 
-Membaca 
-Membaca nyaring teks 
Individu
4 x 45
-Banner
makna teks 
teks fungsional pendek misal
fungsional 
nyaring teks 
pendek(banner,poster dan


-Poster
fungsional dan
nya: banner,poster dan 
pendek:
fungsional
pamphlet)
Kelompok

-Pamplhet
esei berbentuk
pamphlet resmi dan tidak 
-Banner
pendek




report, narrative
resmi dengan menggunakan
-Poster

-Memahami makna dalam
Quis


dan analitycal 
ragam bahasa tulis secara 
-Pamphlet
-Mendiskusikan
teks fungsional pemdek



exposition dalam 
akurat, lancar dan berterima

bentuk-bentuk




konteks kehidup-
dalam konteks kehidupan 

bacaan dalam 
-Memahami langkah



pan sehari-hari
sehari-hari

teks fungdional
pengembangan teks 



untuk mengakses


pendek(banner,
fungsional pendek



ilmu pengetahuan


poster,pamplhet)















Menemukan 







informasi 







tertentu dari







teks




5. Memahami 5.2. Merespon makna dan 
Teks berbentuk:
Membaca 
-Membaca nyaring
Tugas
6 X 45
-Teks esei 
makna teks 
langkah retorika dalam esei 
-Report
nyaring teks



narrative
fungsional dan
yang menggunakan ragam 
-Narrative
berbentuk:
-Menemukan main idea 
Individu
3 X 
-Report 
esei berbentuk
bahasa tulis secara akurat,
-Analitycal 
-Report
informasi tersirat dari teks

Pertemuan
analitycal
report, narrative
lancar dan berterima dalam
exposition
-Narrative

Quis

exposition
dan analitycal 
kehidupan sehari-hari dan

-Analitycal 
-Memahami langkah



exposition dalam 
untuk mengakses ilmu 

exposition
pengembangan esei


Linked to the
konteks kehidup-
pengetahuan dalam teks





world the
pan sehari-hari


Mengidentifikasi



bridge
untuk mengakses


main idea infor-




ilmu pengetahuan


masi tertentu







dari teks




menemukan












































































































Menulis
6. Mengungkapkan  6.1. Mengungkapkan makna 
-Banner
Mengidentifikasi
-Mengidentifikasikan teks
Tugas


makna dalam 
dalam bentuk teks fungsional
-Poster
teks esei dalam 
esei berbentuk banner,
Individu


teks fungsional
pendek(misalny: banner,
-Pamphlet
bentuk fungsional
poster dan pamphlet



pendek dan teks
poster,pamplhet dll) resmi 

pendek berbentuk 

Tugas 


monolog dalam
dan tak resmi dengan menggu-
-Command
banner, poster
-Menulis teks esei berbentuk
Kelompok


konteks kehidu-
nakan ragam bahasa tulis 
-Request
dan pamphlet
banner, poster dan pamphlet



pan sehari-hari
secara akurat, lancar dan ber-







terima dalam konteks 

-Mendiskusikan





kehidupan sehari-hari

teks esei berben-







tuk teks banner,







poster dan







pamphlet















-Menulis teks 







esei dalam 







bentuk banner,







poster dan







pamphlet




6. Mengungkapkan 6.2 Mengungkapkan makna dan
-Report
Mengidentifikasi
-Mengidentifikasikan teks
Tugas


makna dalam 
langkah retorika dalam esei
-Narrative
kan teks monolog
monolog berbentuk report,
Individu


teks fungsional
dengan menggunakan ragam
-Analitycal 
dalam bentuk
narrative dan analitycal



pendek dan teks
bahasa tulis secara akurat,
exposition
report, narrative
exposition
Tugas


monolog dalam
lancar dan berterima dalam 

dan analitycal 

Kelompok


konteks
konteks kehidupan sehari-hari

exposition




kehidupan sehari-
dalam teks berbentuk report,






hari
narrative dan analitycal

Mendiskusikan 





exposition

teks monolog 







dalam bentuk 







report, narrative 







dan analitycal 







exposition
























































































































































































sehari-hari exposition -Menulis teks



monolog dalam







bentuk report,







narrative dan 







analitycal







exposition















-Mendiskusikan







jawaban















-Mendengarkan 







teks berbentuk







narrative















-Mendiskusikan 







bentuk teks






Teks berbentuk
narrative
-Mengidentifikasikan teks





narrative

berbentuk narrative






-Menjawab 


2 X 45




pertanyaan teks 
-Merespon teks berbentuk






narrative
narrative














-Mendiskusikan 







jawaban















-Mendengarkan 







bentuk teks







analitycal







exposition















Mendiskusikan 







bentuk teks







analitycal




exposition








































































Kehidupan sehari-hari dan  approve  yang didengar 

melibatkan tindak tutur:
menyatakan 
secara 
-Mengidentifikasi makna

2 X 45


-Menasehati
perasaan relief,
berpasangan
meluluskan pemintaan




-Memperingatkan
pain dan pleasure






-serta menyatakan perasaan
-I am glad us 

-Merespon tutur meluluskan




relief,pain dan pleasure
done
Mendiskusikan 
permintaan





-Ouch
respon yang di






-It hurts
berikan terhadap






-Isn't this great
tindak tutur yang
-Mengidentifikasi makna 

2 X 45




didengar secara
tindak tutur menyatakan






berkelompok
perasaan relief,pain dan 







pleasure







-Merespon tindak tutur







menyatakan perasaan relief







pain dan pleasure





Teks berbentuk
Mensosialisasikan






analitycal
bentuk teks 






exposition
analitycal
-Mengidentifikasikan teks






exposition
berbentuk analitycal







exposition

2 x 45
Linked to the



-Menjawab 



world English



pertanyaan 



Senior High 



tentang teks



School



analitycal
-Merespon teks berbentuk






exposition
analitycal exposition














-Mendiskusikan 







jawaban










































Siulak, ……………………………….







Mengetahui 










Guru Pamong

Kepala SMAN 4 Kerinci 



Mahasiswa PPL













































































MARTIAS, S.Pd

EDI ZAMI, S.Pd


RORI HANDIKA



NIP : 1965150119870311007

NIP: 195402061977031003
NPM : 0810253745235

Penulis : Rhory Andhika ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Contoh Silabus ini dipublish oleh Rhory Andhika pada hari Sabtu, 03 Desember 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Contoh Silabus
 
Reaksi: 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar