Contoh Laporan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan)


KATA PENGANTAR

Alhamdulilah kami panjatkan kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini. Sholawat dan salam kami ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil’alamin yang telah membimbing umatnya ke jalan yang benar.

Laporan ini merupakan syarat untuk menyelesaikan mata kuliah PPL mahasiswa Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu pendidikan (STKIP) muhamadiyah di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci. Laporan ini disusun berdasarkan hasil observasi selama PPL di SMA Negeri 4 Kerinci yang dilaksanakan selama Sepuluh Minggu yang dimulai dari tanggal    29 Juli 2011- 29 Oktober 2011.


Selama pelaksanaan PPL sampai dengan selesai ini, kami banyak menerima bantuan dan dukungan dari berbagai  pihak, karena itu  pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
  1. Bapak Drs. Ahmadi Zubir, MM, sebagai ketua STKIP Muhammadiyah wilayah Jambi di Sungai Penuh.
  2. Ibuk Rini Mairani, S.Pd, sebagai dosen pembimbing.
  3. Bapak Edizami.S.pd, Sebagai kepala SMA Negeri 4 Kerinci
  4. Bapak dan Ibu Majelis Guru beserta staf Tata Usaha SMA Negeri 4 Kerinci, yang telah memberikan petunjuk dan bimbingan serta memberikan layanan yang baik selama PPL.
  5. Teman-teman mahasiswa PPL yang telah menunjukkan kekompakan dan kerjasama yang baik selama  PPL.

Akhirnya kami berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Amin.



DAFTAR ISI
Kata Pengantar………………..…………………………………………………….1
Daftar Isi…………………..……………………………………………………........2
Bab I
Pendahuluan………………..………………………………………………….….…3
        Tujuan Observasi……………………………………….…………………......3
    Objek-Objek observasi…………………..……………………………………3
        Teknik Pengumpulan Data…….……………………………………………...4
        Susunan Anggota PPL di SMA Negeri 4 Kerinci……………….……………4

Bab II
Monografi Sekolah…………………………………………..………………………5
2.1. Sejarah Berdirinya………………………………………….…………….………5
2.2. Lokasi………………………………………………...………………….….……5
2.3. Keadaan Bangunan………………………………………………………………5


Bab III
Kegiatan Pembelajaran………………………………………….…………….……6
3.1. Tujuan terhadap waktu yang digunakan dalam KBM………….……..…………6
3.2. Tinjauan Terhadap Kurikulum Satuan Pelajaran dan Pengelolaan Kelas……………………………………………………….…………………………6
3.3. Permasalahan Yang Ditemui Selama PPL…………………..…………………...7
3.4. Solusi…………………………………………………..……………………..…..7

Bab IV
Strutur dan organisasi sekolah…………………………………………………..…8
4.1. Strutur Dan Personil Guru………………………………….…………………….8
4.2. Struktur Organisasi SMA Negeri 4 Kerinci………………...……………………8
4.3. Kesiswaan …………………………………………….……………………...…11
Struktur Osis………………………………………………..………………………..12
Bab V
Sarana Dan Prasarana……………………………………………………………..13
5.1  Sarana Dan Prasarana Kegiatan Belajar Mengajar
5.2  Sarana dan Prasarana Olah Raga

Kesimpulan Dan Saran…………………………………...………………………….14
Penutup………………………………………………..……………………………..15


























BAB I
PENDAHULUAN

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan kurikulum yang dilaksanakan oleh setiap calon guru dan tenaga pendididik, yang meliputi latihan mengajar, penyusunan perangkat mangajar samapi pada penilian hasilbelajar ataupun pendidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu.

Seperti halnya Perguruan Tinggi lainnya, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) muhamadiyah juga melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pada mahasiswa dan menerjunkan  langsung kesekolah-sekolah yang ditetapkan oleh akademik, tujuan agar mahasiswa yang disiapkan sebagai calon guru diharapkan mempunyai kualitas dan bekal serta pengalaman di lingkungan sekolah  sebelum mahasiswa tersebut terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat.

1.1. Tujuan Observasi.
Adapun tujuan observasi ini adalah :
  1. Untuk mengetahui situasi dan kondisi sekolah dari segi fisik maupun non fisik, serta organisasi dan struktur sekolah.
  2. Sebagai pengalaman dan bekal dalam menciptakan proses belajar mengajar bagi mahasiswa PPL
  3. Melihat secara  langsung  lingkungan sekolah dan melaksankan kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 4 Kerinci.

1.2. Objek-Objek Observasi
  1. Situasi dan Kondisi Sekolah
  2. Organisasi dan struktur sekolah
  3. Sarana dan prasarana
  4. Proses belajar mengajar
  5. Pendidikan matematika di SMA Negeri 4 Kerinci


1.3. Teknik Pengumpulan Data
Dalam Pengumpulan data untuk laporan observasi ini, penulis menggunakan metode sebagai berikut :
  1. Observasi langsung, yaitu pengamatan langsung di lapangan dengan memperhatikan dan meneliti semua objek yang dijadikan bahan observasi.
  2. Wawancara, yaitu bertanya kepada orang-orang yang mengetahui tentang hal-hal atau informasi yang dibutuhkan.

1.4. Susunan Anggota PPL di SMA Negeri 4 Kerinci
No
NAMA
PROGRAM STUDI
NPM
KET

1
MUNASRIANTO
S.1 B. INGGRIS
0710283745226
KETUA
2
NIA YONIVIA
S.1 MATEMATIKA
0810253715033
SEKRETARIS
3
TANTI HARIANI FITRI
S.1 MATEMATIKA
0810253715482
BENDAHARA
4
RORI HANDIKA
S.1 B. INGGRIS
0810253745235
ANGGOTA
5
YOSI FITRI
S.1 MATEMATIKA
0810253715099
ANGGOTA
6
PONI RISWANDI
S.1 B. INGGRIS
0810253745115
ANGGOTA
7
OSCY HARIENCE
S.1 B. INGGRIS
0710253745034
ANGGOTA
8
ODIA LOPERTA
S.1 B. INGGRIS
0810253745164
ANGGOTA
9
AREL KOMALASARI
S.1 B. INGGRIS
0810253745226
ANGGOTA
10
ELA HASELA
S.1 B. INGGRIS
0810253745013
ANGGOTA
11
SUDIRMAN
S.1 MATEMATIKA
0810253715080
ANGGOTA
12
NERA MULYANTI
S.1 MATEMATIKA
0810253715182
ANGGOTA
13
NELPIA DENTI
S.1 MATEMATIKA
0810253715177
ANGGOTA
14
ENDA OKTARINA
S.1 MATEMATIKA
0810283715166
ANGGOTA
15
LUSIANA SARI
S.1 B. INGGRIS
0810253745108
ANGGOTA






BAB II
MONOGRAFI SEKOLAH
2.1 Sejarah Berdirinya.
SMA Negeri 4 Kerinci yang terletak didaerah siulak didirikan atas partisipasi masyarakat Gunung Kerinci yang ingin Membantu Sekolah Menengah Atas (SMA) didaerah tersebut. Melalui usaha keras tokoh masyarakat dan seluruh komponen masyarakat Gunung Kerinci untuk mengadakan sekolah menengah di kecamatan Gunung Kerinci 10 November 1983 usaha tersebut berhasil, dengan dikeluarkan SK Kakanwil Debdikbud Propinsi Jambi No.3567/118/Ib.83. Kemudian keluar SK Camat Gunung Kerinci No:04/1983 mengenai pembukaan SMA Negeri 4 Kerinci dengan dasar inilah diadakan rapat tokoh masyarakan Gunung Kerinci yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 1983 yang menghasilkan menghasilkan kepengurusan Pembentukan SMA Negeri 4 Kerinci.
Formator pembentukan pengurus pembangunan SMA Negeri 4 Kerinci pada tanggal 27 Juli 1983.
1.      Umar Rasyid                     3.  Yuhasmi Yakin,BA           5.   M. Tajudin
2.      HajiSaidi Nyato                4.   Norma Riadi
Kepengurusan Pembentukan SMA Negeri 4 Kerinci hasil rapat Tim Formatur tanggal 27 Juli 1983.
1.      Ketua                    : M. Amin
2.      Wakil Ketua          : Adnan Idris
3.      Sekretaris              : M. Nasir,B.BA
4.      Bendahara             : H. Saidi Nyato
5.      Keuangan              : Nurman Riadi

SMA Negeri 4 Kerinci mulai menerima murid sejak tahun ajaran 1983 / 1984 yang terdiri dari 2 lokal dengan jumlah siswa 86 orang. Karena SMA Negeri 4 Kerinci adalah Sekolah Menengah yang  pertama kali yang ada dikecamatan Gunung Kerinci maka dari tahun ketahun muridnya semakin bertambah, pada tahun ajaran 1984 / 1985 sudah ada kelas Ia, Ib dan II IPA dan II IPS. Dengan jumlah siswa keseluruhan 173. Dengan tenaga pengajar yang erjumlah 17 orang SMA Negeri 4 Kerinci berusaha meningkatkan kualitasnya yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Yuhasmi Yakub,BA. Dan Wakasek Zulkipli Kidra SMA yang baru tumbuh ini semakin berkembang mendapat perhatian dari Pemerinta Daerah dan Kakanwil Depdikbud Prop Jambi, SMA Negeri 4 Kerinci semakin lama semakin maju dan mendapat tanggapan yang positif dari segenap komponen masyarakat Tigo Luhah Tanah Sikudung dan pemerintah Kecamatan Gunung Kerinci maka tanggal 14 Pebruari 1987 diadakanlah peresmian SMA Negeri 4 Kerinci dan pada peresmian ini nama SMA Negeri 4 Kerinci dirubah menjadi SMAN Siulak 


2.2.  Lokasi
SMA Negeri 4 Kerinci memiliki Areal seluas ± 12.500 M2 letaknya cukup strategis dan mudah di jangkau oleh siswa- siswi di sekitarnya Karena letaknya tidak jauh dari jalan raya dan mudah ditemukan karena terletak didaerah tinggi dan kelihatan jelas dari jalan raya lintas Sungai Penuh-Kayu Aro tepatnya didesa Koto Rendah RT. 05 Dusun Terutung Bungkuk Kecamatan Gunung Kerinci.

2.3. keadaan Bangunan
SMA Negeri 4 Kerinci mempunyai Bangunan yang sangat baik walaupun pernah terbakar pada tahun 2000 yang menghanguskan Gedung Kantor. Namun sekarang telah selesai diperbaiki dan didukung pula dengan suasana lingkungan sekolah yang tenang dan jauh dari hirik pikuknya keramaian sehingga kegiatan belajar mengajar berlansung dengan lancer dan baik.


2.3. denah SMA Negeri 4 Kerinci Terdapat pada lampiran I






BAB III
KEGIATAN PEMBELAJARAN
            Pada Bagian ini penulis akan menerangkan proses belkajar mengajar di9 SMA Negeri 4 Kerinci yang mencangkup beberapa tujuan yaitu : Tinjauan terhadapa waktu yang digunakan didalam kegiatan belajar mengajar, tinjauan terhadap kurikulum, satuan pelajaran dan pengelolaan kelas serta tinjauan terhadap kedisiplinan sekolah. Adapun uraiannya sebagai berikut.

3.1. Tinjauan terhadap waktu yang digunakan dalam KBM
Di SMA Negeri 4 Kerinci waktu efektif yang digunakan dalam KBM sama dengan waktu yang digunakan oleh sekolah sekolah yang lain, yaitu mulai dari Senin sampai dengan Sabtu dengan jadwal pelajaran mulai dari :

  • 07.15 – 13.30                          : Senin sampai Kamis
  • 07.15 – 11.00                          : Jum’at
  • 07.15 – 12.30                          : Sabtu

Khusus waktu yang digunkan dalam kegiatan belajar mengajar bahasa inggris dan matematika adalah sebagai berikut :
1.      Kelas X                                   : 12 Jam / minggu
2.      Kelas XI                                  : 12 Jam / minggu
3.      Kelas XII                                : 12 Jam / minggu

3.2. Tinjauan Terhadap Kurikulum Satuan Pelajaran dan Pengelolaan Kelas
Kurikulum yang digunakan di SMA Negeri 4 Kerinci dalam melaksankan proses belajar mengajar untuk tiap-tiap kelas yaitu Kurikulum Tingkat  Satuan Pendidikan (KTSP), sebelum guru mengajar di dalam kelas harus menyiapkan seperangkat perencanaan pengajaran berupa silabus dan scenario, agara materi yang akan disampaikan lebih terencana dan terarah, dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika siswa diharapkan lebih aktif dalam menyelesaikan soal-soal latihan dengan bimbingan guru.
Mengetahui tujuan pengelolaan kelas-kelas selama kami mengadakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dalam proses belajar Bahsa Inggris dan Matematika interaksi yang terjadi selama kegiatan belajar mengajar cukup baik antara guru dan siswa.


3.3. Permasalahan Yang Ditemui Selama PPL
Permasalahan yang pernah ditemui selama PPL umumnya dalam proses kegiatan belajar mengajar terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan Matematika adalah :
  1. Motivasi belajar Bahasa Inggris dan Matematika siswa masih rendah.
  2. Masih banyak siswa yang kurang memahami operasi dasar bilangan real, misalnya operasi perkalian dan operasi pada bilangan bulat negatif.
  3. Siswa kesulitan mempelajari dan memahami pelajaran Bahasa Inggris karena tidak adanya kegiatan remedial (les sore)

3.4. Solusi.
Dari permasalah tersebut kami mencoba memberikan beberapa solusi sebagai berikut :
  1. Menerpkan metode pengajaran yang bervariasi dan menarik siswa supaya termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris dan Matematika.
  2. Menjelaskan kegunaan ilmu Bahsa Inggris dan Matematika pada kehidupan nyata, sehingga siswa merasa penting belajar matematika.
  3. Melakukan kegiatan remedial untuk semua siswa kelas X sampai dengan kelas XII.
  4. Disamping meningkatkan kecerdasan intelektual dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan Matematika, sangat penting sekali meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa dengan memberikan siraman rohani.




BAB IV
STRUTUR DAN ORGANISASI SEKOLAH

A. STRUKTUR SEKOLAH
4.1. Strutur Dan Personil Guru
Berdasarkan kepada  Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. No. 1020 Tahun 1991, tentang struktur organisasi sekolah, maka kepala sekolah merupakan pejabat fungsional di lingkungan Departemen Pendidikan dan  Kebudayaan yang bertugas memimpin pelaksanaan di seluruh kegiatan di sekolah.

Organisasi berfungsi sebagai alat untuk mengatur dan memperlancarkan proses pendidikan di SMA Negeri 4 Kerinci.

4.2. Struktur Organisasi SMA Negeri 4 Kerinci
            1. Kepala                                             : EDIZAMI, S.Pd
            2. Wakasek Kurikulum                       : Drs. H. MAT IKHSAN
    Wakasek Kesiswaan                       : HERMUDIN, S.Pd
Wakasek Litbang/Sapras                 : DAMRUSNADI, S.Pd
Wakasek Humas                   : Drs. KHALIDI, S.Pd
Wakasek SDM                      : GUSMANDRI, S.Pd

3..Pegawai Tata Usaha
Kepala                                             : Drs. AZWAR, Amd
Pelaksana TU                                  :
PPT. Perpustakaan                          : HASAN BASRI,S.Pd
PPT. Penjaga Sekolah                     : BASIRAN

4. Pengelola Perpustakaan                  : WENNEDI,S.Pd

5. Pengelola Laboratorium                  :

6. Pembina Osis                                  : HERMUDIN,S.Pd


7. Wali kelas per lokal            
            X A                                         : ELIRAWATI,S.Pd
            X B                                         : HAKIMI,S.Pd
            X C                                         : Drs. KHAIDIR
            X D                                         : SYUKRA HANIF,S.Pd
            X E                                          : YURZALINA,S.Pd
            X F                                          : HENDRALDI,S.Pd
            XI IPA I                                 : HARMIDA,S.Pd
            XI IPA II                                : RAFLIZAR,S.Pd
            XI IPA III                              : DISMAWATI,S.Pd
            XI IPS I                                  : GOPI INDRA P,S.Pd
            XI IPS II                                 : SODRI,S.Pd
            XI IPS III                               : ALDITA RAFLI,S.Pd
            XII IPA I                                : YODDIZAL ALI,S.Pd
            XII IPA II                              : KASMADIAR,S.Pd
            XII IPA III                             : FIRNADI,S.Pd
            XII IPS I                                 : WENNEDI,S.Pd
            XII IPS II                               : DELVINA,S.Pd
            XII IPS III                              : Drs. ARNIZAL. M


            8. Majelis Guru                                               :
1.      Edizami,S.Pd
2.      Hasan Basri,S.Pd
3.      Drs. Khaidir
4.      M.Nasir,S.Pd
5.      Harmida,S.Pd
6.      Damrusnadi,S.Pd
7.      Drs. Nixam Hakimi
8.      Drs. H. Mat Ikhsan
9.      Sasmita,S.Pd
10.  Dismawati,S.Pd
11.  Purnawadi,S.Pd
12.  Sopyan,S.Pd
13.  Elirawati,S.Pd
14.  Syahbuddin,S.Pd
15.  Hermudin,S.Pd
16.  Kasmadiar,S.Pd
17.  Delvina,S.Pd
18.  Endrawita,S.Pd
19.  Drs. Arnizal.M
20.  Ardinal Wahdi
21.  Gusmandri,S.Pd
22.  Martias,S.Pd
23.  Imam Maksun,S.Pd
24.  Hakimi,S.Pd
25.  Drs. Khalidi
26.  Yurzalina,S.Pd
27.  Firnadi,S.Pd
28.  Ratnaliswati,S.Pd
29.  Raflizar,S.Pd
30.  Yoddizal Ali,S.Pd
31.  Hendraldi,S.Pd
32.  Aldita Rafli,S.Pd
33.  Wennedi,S.S
34.  Gopi Indra Saputra,S.Pd
35.  Elly Gusriati S.Pd
36.  Zainal.S.Ag,M.PdI
37.  Tina Melinda,S.Pd
38.  Syukra Hanif,S.Pd
39.  Sodri,S.Pd
40.  Kurnia,S.Pd
41.  Benny Irman,S.Pd
42.  Alpian,S.Kom
43.  Nirmala Santi,S.Kom,M.Kom
Tenaga Edukatif                                             :
1.      Wawan Kurniawan,S.PdI
2.      Linda Fitrina,S.Sos
3.      Simamora,S.Pd
4.      Eti Fitrisna,S.Pd
5.      Zainuddin,S.Pd
6.      Sri Desmiati,S.Sos


4.3. Kesiswaan
Jumlah keseluruhan siswa dari kelas X sampai Kelas XII semuanya berjumlah 360   Orang, dengan rincian sebagai berikut :


No

WALI KELAS / NIP

KELAS

LAKI-LAKI

PEREMPUAN

JML
1.
ELIRAWATI,S.Pd
X A
19
20
39
2.
HAKIMI,S.Pd
X B
18
20
38
3.
Drs. KHAIDIR
X C
19
21
40
4.
SYUKRA HANIF,S.Pd
X D
18
20
38
5.
YURZALINA,S.Pd
X E
18
22
40
6.
HENDRALDI,S.Pd
X F
17
23
40
7.
HARMIDA,S.Pd
XI IPA I
16
20
36
8.
RAFLIZAR,S.Pd
XI IPA 2
15
22
37
9.
DISMAWATI,S.Pd
XI IPA 3
12
24
36
10
GOPI INDRA P,S.Pd
XI IPS I
19
17
36
11.
SODRI,S.Pd
XIIPS 2
17
17
36
12.
ALDITA RAFLI,S.Pd
X IPS 3
21
17
38
13.
YODDIZAL ALI,S.Pd
XII IPA 1
14
16
40
14.
KASMADIAR,S.Pd
XII IPA 2
16
26
42
15.
FIRNADI,S.Pd
XII IPA 3
20
22
42
16.
WENNEDI,S.Pd
XII IPS 1
20
20
40
17.
DELVINA,S.Pd
XII IPS 2
21
19
40
18.
Drs. ARNIZAL. M
XII IPS 3
22
17
39

JUMLAH
335
363
698
Sumber : Tata Usaha  SMA Negeri 4 Kerinci Tahun Pelajaran 2011/2012

B. ORGANISASI SEKOLAH
1. Program Kegiatan Osis
            Salah Satu Wadah organisai siswa disekolah yang bersifat kurikuler adalah OSIS atau organisasi Intral Sekolah. Apabila kita mengambil pengertian intra sekolah maka diperoleh bahwa organisasi ini tidak ada hubungannya organisatoris dengan Osis yang ada disekolah lain, dan tidak menjadi bagian dari organisasi lainyang ada diluar sekolah. Tidak diragukan lagi kegiatan-kegiatan positif disekolah dapat akan memajukan program itu sendiri. Sehingga Osis mempunyai kewajiban untuk mengembangkan diri baik kedalam maupun keluar. Adapun sasarandari Pembinaan osis SMA Negeri 4 Kerinci adalah seluruh siswa baik kelas X,XI dan XII yang belajar atau menuntut ilmu disekolah itu. Kegiatan Osis terdiri dari bebrapa materi pembinaan yaitu antara lain:
  1. Pembinaan Ketakwaan Ketakwaan Kepada Tuhan Yang MAha Esa.
  2. Pembinaan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
  3. Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
  4. Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur
  5. Pembinaan pendidikan organisasi polotik dan kepemimpinan
  6. Pembinaan keterampilan dan kewiraswasta
  7. Pembinaan pendidikan kesegaran jasmani dan kreasi seni
  8. Pembinaan persepsi dan apresiasi
Adapin Kegiatan-kegiatan Osis yang dilaqkukan dilingkungan sekolah adalah
-          Memperingati hari besar Islam seperti : Maulid NAbi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
-          Memperingati hari besar Nasional
-          Kegiatan olah raga seperti: Senam, Pertandingan Sepak Bola, Boal Basket, Bola Volly, Sepak Takraw, dan sebagfainya.
-          Kegiatan kesenian seperti : Tari-Tarian, Vocal Grup, Dan Lain-lain















STRUKTUR OSIS
SMA NEGERI 4 KERINCI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Horizontal Scroll: PENANGGUNG JAWAB

KEPALA SEKOLAH
 
Horizontal Scroll: BENDAHARA
 

Horizontal Scroll: SEKRETARIS
 

Horizontal Scroll: KETUA

 
Horizontal Scroll: PEMBINA

 
Horizontal Scroll: KOORDINATOR

WAKASEK KESISWAAN



















3.  Pramuka
            Kegiatan Pramuka di SMA Negeri 4 Kerinci dilaksanakan dengan baik dan manajemen yang bagus. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan-keberhasilam dari setiap kegiatan yang diikuti. Disamping itu pramuka yang dilaksanakan juga merupakan suatu wadah pembentukan siswa yang terampil,berani, berdisiplin tinggi dan mandiri.
4.  Usaha Kesehatan Sekolah
            Usaha untuk menjaga kesehatan sekolah yaitu dengan menjaga kebersihan sekolah dan keindahan sekolah serta menjaga usaha kesehatan sekolah yang telah tersedia. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mengadakan gotong royong pada waktu yang ditentukan, Serta beberapa siswa mengikuti atau menjadi anggota Palang Merah Remaja ( PMR). Yang diadakan di Dinas Kabupaten Kerinci di Sungai Penuh setiap hari minggu.




























BAB V

SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan prasarana adalah unsur yang sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar, hal ini disebabkan karena fungsinya sebagai alat yang digunakan untuk memperlancar proses kegiatan tersebut. Ditinjau dari pengertian secara umum sarana adalah sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan (media), sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses, usaha atau kegiatan.

1. Sarana Dan Prasarana Kegiatan Belajar Mengajar
A. Perpustakaan
            Perpustakan adalah tempat yang dibutuhkan siswa untuk mencari informasi tentang sesuatu atau menambah ilmu pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah. Kegiatan siswa diperpustakaan umumnya adalah : Membaca buku-buku ditempat tersebut waktu istirahat atau jam kosong dan meminjam buku-buku yang diperlukan. Koleksi buku-buku diperpustakaan SMA Negeri 4 Kerinci adalah:
-          Buku Paket Depdikbud/Nas
-          Buku Bacaan Fiksi
-          Buku Bacaan Non Fiksi
-          Dll.
Dalam hal peminjaman buku, Pengelolaan perpustakaan telah membuat jadwal khusus dari hari-hari tertentu untuk tiap-tiap kelas, agar lebih jelas dan lebih terperinci perhatikan table berikut ini :
NO
HARI
KELAS
1
Senin
X A, XI IPA 1, XII IPS 1
2
Selasa
X B, XI IPA 2, XII IPA 2
3
Rabu
X C, XI IPA 3, XII IPA 3
4
Kamis
X D, XI IPS 1, XII IPS 1
5
Jum’at
X E, XI IPS 2, XII IPS 2
6
Sabtu
X F, XI IPS 3, DAN XII IPS 3

B. Labor IPA 
            Laboratorium atau labor adalah sarana dan prasarana (alat-alat) yang membantu dalam pelancaran praktikum Di SMA Negeri 4 Kerinci Memiliki labor IPA. Labor IPA ini digunakan siswa untuk praktikum Kimia, Fisika, dan Biologi. Walaupun keadaan labor ini mempunyai alat alat yang lengkap. Pengurus atau pengelola labor ipa ini adalah ………..Sedangkan jadwal praktek dilaksanakan 1 atau 2 kali seminggu, atau tergantung pada guru bidang studi yang bersangkutan.

2.Sarana dan Prasarana Olah Raga
            Sarana dan Prasarana Olah Raga adalah alat-alt yang menunjang mata pelajaran Olah Raga di SMA Negeri 4 Kerinci, adapun alat yang ada di SMA Negeri 4 Kerinci adlah Lapangan Bola Volly, Radio Tape untuk Senam, Bola Volly, Bola Kaki, Lapangan Basket, Bola Basket, Dll.

Tabel berikut ini  menunjukan sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri  4 Kerinci.
NO
JENIS FASILITAS
JUMLAH
1
Ruang Belajar (Kelas X – X11)
18
2
Ruang Kepala Sekolah
1
3
Ruang Majelis Guru
1
4
Ruang Tata Usaha
1
5
Ruang BK
1
6
Laboratorium
1
7
Ruang Osis
1
8
Mushala
1
9
Gudang
1
10
Parkir
1
11
WC Guru
1
12
WC Siswa
1
13
Kantin
2

BAB VI
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
DI SMA NEGERI 4 KERINCI
      Pendidikan bahasa inggris merupakan salah satu bidang studi yang sangat penting (Pokok) dalam mata pelajaran dalam sekolah, karena dilihat dari perannya yang sangat penting dalam mencangkup perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini. Maka tidak diragukan lagi bahwa penguasaan bahasa inggris sangat mutlak diperlukan. Di SMA Negeri 4 Kerinci memiliki 4 orang guru bahasa inggris yang merupakan guru tetap. Mereka sangat menekankan kepada siswa untuk penguasaan dan penerapan dalam pengolahan dan penggunaan tenses-tenses dalam bahsa inggris. Yang tidak hanya keterampilan dalam percakapan, pronounciation, dan structure, dll, tetapi juga pada komponen menyelesaikan soal-soal. Mengenai pembagian waktu pelajaran bahsa inggris di SMA Negeri 4 KErinci sama seperti sekolah-sekolah Menengah Atas lainnyayang menggunakan kurikulum GBPP 1994 Revisi 2000 yaitu:
  1. Kelas X                       : 4 Jam 2 Kali Pertemuan/ Minggu
  2. Kelas XI IPA /IPS      : 5 Jam 3 Kali Pertemuan/ Minggu
  3. Kelas XII IPA            : 6 Jam 3 Kali Pertemuan/ Minggu
  4. Kelas XII IPS            : 5 Jam 3 Kali Pertemuan/ Minggu
Adapun kendala-kendala yang pada umumnya penulis saat kegiatan belajar mengajar bahasa inggris adalah: adanya sebagian siswa yang kurang meminati pelajaran ini dengan alas an sangat sulit dan sukar dimengerti. Maka penulis mengharapkan guru-guru bahasa inggris memiliki strategi yang tepat dalam memberikan materi bahasa inggris dan memberikan motivasi kepada siswa serta menganjurkan kepada siswa untuk mengikuti kursus atau les bahasa inggris telah banyak dibuka  dikabupaten kerinci sehingga dapat membantu siswa dalam mempelajari bahasa inggris secara efektif dan efisien.




KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
Dari  pengalaman selama PPL yang dilaksanakan selama Lebih kurang tiga bulan sejak tanggal 29 Juli 2011 sampai 29 Oktober 2011 kami menyimpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa PPL jika dilakukan dengan serius dan baik. Karena dengan adanya PPL mahasiswa mendapatkan berbagai pengalaman terutama pengalaman dalam kegiatan belajar dan mengajar sesungguhnya dan bagaimana cara menjadi guru yang berpotensi, berintegrasi dan propesional . dalam PPL inilah semua Teori-teori pernah didapatkan selama kuliah diterapkan secara langsung di sekolah.
Untuk menjadi seorang guru yang profesional tidak hanya dibuthkan kecerdasan intelegensi dan emosional saja, tetapi ada yang lebih penting, yaitu kecerdasan spritual yaitu bertindak sesuai dengan suara hati,karena tugas seorang guru bukan hanya menyampaikan materi saja, tetapi yang lebih penting dari semua itu adalah tugas sebagai pendidik yang memiliki peranan penting dalam membentuk jiwa peserta didik untuk menjadi manusia yang berkepribadian luhur dan bertanggung jawab.

Saran
Sebelum belajar mengajar dimulai seorang guru perlu melakukan siraman rohani untuk menambah motivasi belajar siswa,perlunya melakukan pengulangan terhadap materi sebelumnya beberapa menit dan pembahasan soal yang sulit.
Ada baiknya PPL dilaksanakan selam 4 sampai dengan 5 bulan, Agar Lebih mendalam lagi dalam penerapan teori dan pengalaman yang diperoleh.






Penutup

Dalam penulisan laporan ini sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyusun laporan ini sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan, Semoga Allah SWT membalas jasa baik Bapak,Ibu,Saudara -saudara semua,Amin.

Dengan adanya PPL ini saya banyak mendapat pengalaman dilapangan dan dengan pengalaman ini semoga nantinya saya dapqat menjadi seorang guru sesuai yang dikehendaki. Pengalaman, pengetahuan yang kami peroleh selama PPL ini dapat menjadi perbandingan bagi saya untuk menjadi tenaga pengajar dan pendidik yang profesional dan berintegritas yang tinggi.

Saya percaya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangannya, untuk itu saya mohon maaf dari segala kekilafan saya, akhir kata saya ucapkan terima kasih, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan karunianya untuk kita semua, Amin.

        Siulak,      November 2011

Diketahui Oleh
Kepala SMA Negeri 4 Kerinci



EDI ZAMI. S.P.d
NIP: 195402061977031003
Ketua PPL




MUNASRIANTO
NPM : 0810253745253






Penulis : Rhory Andhika ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Contoh Laporan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) ini dipublish oleh Rhory Andhika pada hari Sabtu, 03 Desember 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Contoh Laporan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan)
 
Reaksi: 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar