LESSON PLAN
Satuan Pendidikan                  : SMA
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas / semester                     :  XI IPA / I
Standar Kompetensi               : Memahami makna dalam teks percakapan Transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar                  : Merspon makna dalam percakapan transaksional(to get think done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustainet) secara akura, lancer dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan Tindak tutur mengusulkan, memohon, mengeluh, Membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu, dan memperintah
Alokasi Waktu                         : 2 X 45
Metode / Pendekatan             : Audiolingual
Tujuan Pembelajaran              :
·      Siswa dapat mengidentifikasi makna kata
·      Mengidentifikasi hubungan antar pembicara
·      Mengidentifikasi makna tindak tutur mengusulkam, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan Untuk Melakukan sesuatu dan memerintah
·      Merespon tindak tutur tersebut
·      Mengidentifikasi konteks situasi
Langkah-langkah
I.              Kegiatan awal / Building Knowledge Of Field ( BKOF)
v  Guru menunjukkan situasi mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu dan memerintah
v  Guru memperdengarkan ungkapan/tindak tutur tersebut
II.            Kegiatan inti
A.    Modeling Of Text(MOT)
v  Guru memperdengarkan percakapan transaksional/ interpersonal
v  Guru menyuruh siswa mengidentifikasi makna tindak tutur yang didengar
v  Siswa mengidentifikasi makna tindak tutur yang didengar  ]
B.    Joint Constructions Of Text(JCOT)
v  Siswa mendiskusikan berbagai tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang baru didengar
III.           Kegiatan akhir / Individual Construction Of Text(ICOT)
v  Guru mendengarkan sebuah percakapan transaksional
v  Siswa mengidentifikasikan makna tindak tutur tersebut 
Sumber/ Alat               :
·      Simpati LKS
·      Interlanguage: English for Senior high school student
Penilaian                     : Tugas
Siulak, 
