Nenek moyang orang Kerinci

Nenek moyang orang Kerinci selalu membuat pemukiman pada daerah-daerah yang subur yang sering disebut talang, dusun, koto. Perkembangan pemukiman ini diperkirakan terjadi pada zaman Sugindo. Pada masa Sugindo, perkembangan kehidupan masyarakat sudah jauh lebih maju, mereka sudah mulai hidup menetap.
Mengacu pada tempat penemuan benda-benda peninggalan sejarah, maka diketahui pemukiman-pemukiman yang pernah dibuat nenek moyang pada zaman dulu di antaranya terletak di:
  1. Di sekitar Gunung Masurai, Danau Depati Empat (Danau Besar), Danau Pauh. Diperkirakan daerah-daerah ini merupakan lokasi Dusun Purba, Renah Punti, Talang Menggala, Muara Penon, Durian Tinggi dan Sungai Kuyung. Kelima dusun itu diperkirakan berada di sekitar daerah Serampas dan Sungai Tenang Kecamatan Jangkat dan di sekitar daerah itu diperkirakan juga terdapat Dusun Purba Koto Mutun, Renah Lipai Tuo, Pelegai Panjang yang berada dalam Kecamatan Muara Siau.
  2. Di sebelah Selatan Danau Kerincisekitar Dusun Muak sekarang terdapatDusun Purba Jerangkang Tinggi.
  3. Di sebelah tepi barat Danau
  4. Kerinci sekitar Dusun Jujun dan Benik sekarang.
  5. Di dataran Tinggi di atas Kota Sungai Penuh, di antara Bukit Mejid dan Bukit Koto Tinggi, di sekitar daerah Koto Pandan sekarang.
  6. Di sekitar perbukitan di atas Dusun Kumun sekarang
  7. Di sekitar perbukitan di atas Sungai Liuk diperkirakan tempat dusun purba Koto Bingin
  8. Di sekitar perbukitan di atas Simpang Belui dan Semurup diperkirakan tempat dusun purba Koto Limausering.
  9. Di sekitar Dusun Hiang diperkirakan terdapat dusun purba Koto Jelatang.

Lokasi dusun purba telah tum banyak dusun yang terbentuk sec bertahap dalam selang waktu yg cukup lama, sebagai contoh :
  1. Dari Dusun Purba JE RA KANG TINGGI melahirkan Du; Pulau Sangkar, Sanggaran Agung, Juj Pulau Tengah, Siulak Mukai dan Peng
  2. Dari Dusun Pulau Sangl kemudian pindah ke utara melahir 1 Dusun Lekuk 33 Tumbi yang kemud berubah nama menjadi Dusun Terutu Sebagian berpindah ke arah ba melahirkan Dusun Lekuk 50 Tumbi a Dusun Lempur sekarang. Dari dus Pulau Sangkar melahirkan Dus Pondok, Muak, Lolo, Lubuk Pai Keluru, Semerap.
  3. Dari Dusun Sanggaran Agu berkembang menjadi Dusun Tanju Pauh Mudik, Pondok Siguang, Tanju, Pauh Hilir, Talang Kemulun.
  4. Dari Dusun Pengasi berkembai menjadi Dusun Pulau Pandan, Pendui Talang Genting, Tebing Tinggi, Selema Tanjung Batu, Pidung. Untuk Selema sebagian penduduknya berasal da Dusun Purba Koto Jelatang.
  5. Dari Dusun Pulau Tenga berkembang menjadi Dusun Koto Ti dan Koto Dian.
  6. Dari Dusun Jujun berkem ban menjadi Dusun Benik.
Dari Dusun Siulak Mukai c Tanah Sekudung berkembang menjac Dusun Mukai Mudik, Mukai Tengal Mukai Ilir, Siulak Gedang, Siula Panjang, Lubuk Nagodang, Siulak Kecik Siulak Tenang, Tanjung Genting, Koti Kapeh, Sungai Pegeh, Dusun Baru Sungai Labu.

Sumber : http://www.kerincikab.go.id

Penulis : Rhory Andhika ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Nenek moyang orang Kerinci ini dipublish oleh Rhory Andhika pada hari Jumat, 17 Juni 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Nenek moyang orang Kerinci
 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar