LESSON PLAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / semester : XI IPA / I
Standar Kompetensi : Memahami makna dalam teks percakapan Transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : Merspon makna dalam percakapan transaksional(to get think done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustainet) secara akura, lancer dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan Tindak tutur mengusulkan, memohon, mengeluh, Membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu, dan memperintah
Alokasi Waktu : 2 X 45
Metode / Pendekatan : Audiolingual
Tujuan Pembelajaran :
· Siswa dapat mengidentifikasi makna kata
· Mengidentifikasi hubungan antar pembicara
· Mengidentifikasi makna tindak tutur mengusulkam, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan Untuk Melakukan sesuatu dan memerintah
· Merespon tindak tutur tersebut
· Mengidentifikasi konteks situasi
Langkah-langkah
I. Kegiatan awal / Building Knowledge Of Field ( BKOF)
v Guru menunjukkan situasi mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu dan memerintah
v Guru memperdengarkan ungkapan/tindak tutur tersebut
II. Kegiatan inti
A. Modeling Of Text(MOT)
v Guru memperdengarkan percakapan transaksional/ interpersonal
v Guru menyuruh siswa mengidentifikasi makna tindak tutur yang didengar
v Siswa mengidentifikasi makna tindak tutur yang didengar ]
B. Joint Constructions Of Text(JCOT)
v Siswa mendiskusikan berbagai tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang baru didengar
III. Kegiatan akhir / Individual Construction Of Text(ICOT)
v Guru mendengarkan sebuah percakapan transaksional
v Siswa mengidentifikasikan makna tindak tutur tersebut
Sumber/ Alat :
· Simpati LKS
· Interlanguage: English for Senior high school student
Penilaian : Tugas
Siulak,