Danau Kerinci Andalkan Hidangan Ikan Tawar

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, meningkatkan budi daya jaring apung untuk mendukung pengembangan wisata kuliner di sekitar Danau Kerinci yang akan menyajikan berbagai makanan ikan air tawar.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kerinci, Hasani, di Jambi, Kamis pekan lalu, mengatakan, Danau Kerinci ke depan menjadi andalan untuk pengembangan sektor perikanan, pariwisata, dan industri.
Danau Kerinci dengan luas 4.500 hektare, 10 persen di antaranya atau 450 hektare berpotensi dijadikan area budi daya ikan air tawar untuk 18.000 jaring apung.
Dalam upaya mensinergikan pemanfaatan danau itu untuk berbagai sektor, pemerintah Kabupaten Kerinci sudah merumuskan peraturan daerah (perda) pemanfaatannya, supaya tidak menimbulkan masalah dalam pengelolaannya.
Khusus sektor perikanan, Dinas Perikanan dan Peternakan terus mengembangkan ikan air tawar sistem jaring apung yang jumlahnya kini baru mencapai 800 unit.
Pemanfaatan potensi Danau Kerinci untuk budi daya ikan jaring apung itu secara bertahap terus ditingkatkan, sekaligus untuk memberikan kesempatan bekerja kepada warga setempat.
Budi daya ikan melalui jaring apung di danau itu hingga kini baru mencapai sekitar 800 unit atau 0,4 hektare dari 450 hektare potensi yang tersedia, dengan jenis ikan yang dikembangkan antara lain nila, gurami, emas, semah, dan mujair.
Sejalan dengan program dinas pariwisata setempat yang akan membangun wisata kuliner di sekitar danau dengan berbagai makanan ikan air tawar, maka program itu akan didukung dengan ketersediaan ikan segar melalui budi daya jaring apung tersebut.
Sementara itu, Pemkab Kerinci membangun kios-kios di sekitar Danau Kerinci untuk dijadikan pusat jajanan kuliner berbagai makanan ringan industri rumah tangga dan aneka masakan ikan air tawar. Itu dilakukan guna memikat wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten paling barat Provinsi Jambi itu.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kerinci Afrizal mengatakan, untuk menarik wisatawan datang ke Kerinci yang memiliki potensi wisata alam cukup banyak, berbagai upaya terus dilakukan, termasuk membangun tempat-tempat wisata kuliner.
Selain menata dan melengkapi berbagai fasilitas di objek-objek wisata alam, seperti danau, air terjun, dan pemandian air panas, juga dibangun kawasan tempat pengunjung menikmati makanan khas Kabupaten Kerinci. Untuk jenis makanan ringan, pengunjung akan dapat menikmati dodol kentang, keripik kentang dan ubi jalar, minuman energi yang bahan bakunya dari kulit manis, dan sirop terong belanda.
Sementara itu, untuk masakan berbagai ikan air tawar dan ikan danau yang dikenal gurih, seperti ikan semah, juga akan dapat dinikmati di restoran yang dibangun di sekitar danau sambil menikmati panorama alam.
Dalam momen Liburan sekolah saat ini dan persiapan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) ke-9 pada 9 November 2008, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kerinci diprediksi akan meningkat tajam.

Khusus pada FMPDK nanti ditargetkan pengunjung bisa mencapai 300.000 orang lebih-meningkat 50 persen dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 200.000 orang-yang datang dari dalam dan luar negeri. (Laurentius Chen)

Penulis : Rhory Andhika ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Danau Kerinci Andalkan Hidangan Ikan Tawar ini dipublish oleh Rhory Andhika pada hari Selasa, 28 Februari 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Danau Kerinci Andalkan Hidangan Ikan Tawar
 
Reaksi: 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar